Tulisan

Pembuatan Objek Bola Kaki Menggunakan Blender 3D

1. Langkah pertama yaitu buka File -> User Preferences -> Addons -> Add Mesh -> centang Add Mesh:Regular Solids.

1

2. Membuat objek dengan nama Truncated Icosahedron. Add -> Nesh -> Solids -> Archimeadean -> Truncated Icosahedron.

2

3. Setelah objek terbentuk, pindahkan Engine to use for rendering menjadi Cycles Render. Kemudian pilih objek -> Material -> New -> Surface=Mix Shader -> Shader pertama = Diffuse BSDF -> Shader kedua = Glossy BSDF, Fac = 0.200, Roughness Shader kedua = 0.030.

3

4. Pindah pada Edit Mode dan ubah pemilihan menjadi Edge Select. Pilih salah satu garis pada objek seperti pada gambar di bawah ini. Tekan Shift+G -> Length setelah terpilih tekan x -> Dissolve Edges. Dan lakukan pada garis yang lain agar terbentuk seperti gambar dibawah ini.

4b4a

5. Kemudian pilih salah satu bidang untuk diberi warna. Tekan Shift+G -> Area lalu pada Material -> Tekan tanda (+) -> pilih White -> Color pada Shader pertama menjadi hitam -> Assign.

5c 5b 5a

6. Untuk pembuatan tangan dan kaki dapat menggunakan sebagian bidang pada bola yang sudah dipilih seperti pada gambar di bawah ini. Pada Object Mode -> Shift+D -> Edit Mode -> A -> Shift+klik kanan pada bidang yang akan dibuat tangan atau kaki -> x -> Faces.

6a 6b

7. Pilih objek bola -> Edit Mode -> Extrude Individual + 0 -> Enter ->  Alt + P -> Subdivide -> Number of Cut = 8.

7a 7b 7c

8. Setelah semua bidang terpilih -> NumPad (-) tekan 2x -> E -> Smooth Vertex -> Number of Time to Smooth = 1.

8a 8b 8c

9. Pada Object Mode -> Modifier -> Add Modifier -> Cast -> Factor = 0.90.

9a 9b

10. Pembuatan tangan dengan menggunakan bidang yang sudah dipisah sebelumnya pada langkah ke-6. Pada Object Mode -> Face Select -> pilih bidang -> tarik bidang tersebut dengan menekan E -> tarik hingga membentuk lengkungan.

10a 10b

11. Setelah terbentuk tangan pada Object Mode -> pilih tangan -> Shift+D -> Object -> Mirror -> pilih sumbu yang akan dibuat mirror X,Y atau Z.

11a 11b

12. Setelah membuat tangan, selanjutnya adalah membuat kaki. Pada Edit Mode -> pilih Face Select -> E -> tarik bidang tersebut hingga membentuk kaki seperti pada gambar di bawah ini -> S untuk mengubah ukuran bidang untuk pembentukan paha dan kaki bawah serpta telapak kaki. Setelah terbentuk objek dapat dibuat sama persis dengan Mirror, Modifier -> Add Modifier -> Mirror -> centang pada sumbu yang akan dibuat Mirror.

12a 12b

13. Setelah semua objek terbentuk, maka gabungkan setiap objek tersebut menjadi 1 dengan pilih setiap objek -> Ctrl+J.

13

Advertisements

Komentar Anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s